Sudah Musim Hujan, Ini Dia Tips Menyetir Mobil agar Selalu Aman!

 

Risiko bahaya selama berkendara mau tak mau pasti akan selalu ada. Oleh karena itu, penting untuk meminimalisirnya. Salah satunya adalah dengan memilih asuransi kendaraan mobil online terbaik.

Bicara soal risiko bahaya saat berkendara, kedatangan musim hujan jadi hal yang patut Anda waspadai. Soalnya, musim hujan berarti jalanan yang basah dan licin nyaris setiap hari. Ditambah lagi, kondisi hujan menyebabkan daya cengkram ban di atas aspal jadi kurang optimal. Karena itu, risiko tergelincir jadi lebih besar.

Untuk memastikan bahwa Anda selalu aman, ada beberapa tips yang penting untuk Anda ikuti dan perhatikan selama mengemudikan mobil selama musim hujan. Apa saja, ya?

Pastikan Selalu Menjaga Jarak Aman

Hujan bisa menghalangi pandangan, terutama saat hujan deras. Karena itu, kondisi wiper wajib diperhatikan terutama di musim hujan. Dengan begitu, daya pandang Anda tetap terjaga dan Anda bisa jaga jarak aman.

Idealnya, jarak aman dengan kendaraan di depan Anda adalah sekitar 30 sampai 50 meter. Dengan begitu, apabila kendaraan di depan terpaksa harus melambatkan lajunya secara mendadak, risiko tabrakan atau mobil selip bisa diminimalisir. Sebab, jarak aman bisa memberikan Anda cukup waktu untuk ikut mengerem secara mendadak.

Jaga Kecepatan Laju Ideal Saat Hari Hujan

Selain itu, pastikan pula bahwa Anda menjaga laju kendaraan stabil selama mengemudi di bawah hujan. Hal ini juga berkaitan kesigapan untuk rem mendadak apabila memang dibutuhkan. Kecepatan laju yang ideal saat kondisi hujan adalah sekitar 20 sampai 30 km per jam lebih lambat dibandingkan kecepatan laju dalam kondisi normal.

Menjaga kecepatan laju mobil juga penting untuk mencegah gejala aquaplaning, yaitu kondisi mobil tergelincir hingga hilang kendali karena melintasi genangan air di jalanan. Ketika gejala aquaplaning terjadi, ban mobil jadi kehilangan cengkeramannya, dan kendaraan akan terasa seolah sedang melayang.

Selalu Nyalakan Lampu Utama

Saat hujan turun – terutama hujan deras – bukan hanya Anda saja yang jarak pandangnya terganggu. Sebab, pengguna jalan yang lain juga merasakan hal yang sama. Oleh karena itu, Anda perlu pastikan bahwa lampu utama selalu menyala selama di jalan.

Dan apabila kondisi jalanan berkabut, pastikan bahwa Anda juga menyalakan fog lamp alias lampu kabut. Hanya saja, jangan malah menyalakan lambu hazard alias lampu darurat, ya! Pastikan Anda menyalakan lampu hazard hanya dalam kondisi darurat saja. Soalnya, lampu hazard yang terus berkedip malah justru bisa mengganggu pandangan para pengguna jalan lain yang ada di belakang Anda.

Itu dia tips menyetir mobil dengan aman selama musim hujan. Semoga informasi di atas bermanfaat agar Anda bisa selalu menjaga keselamatan selama berkendara di jalan, ya!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Sudah Musim Hujan, Ini Dia Tips Menyetir Mobil agar Selalu Aman!"

Posting Komentar